Menyusun Kerangka Business Plan

Mengapa rancangan bisnis sangat penting bagi seorang wirausaha? sebab semua pembisnis pasti menginginkan usahanya berjalan dengan lancar dan mencapai goals. Untuk itu menjalankan sebuah bisnis pastinya kita perlu membuat rancangan bisnis guna mengetahui tujuan dan antisipasi terjadinya kegagalan. Oleh karenanya, agar semua tercapai kita memerlukan strategi pemasaran, Analisis persaingan, Rencana Desain, Rencana Operasi, Manajemen, dan Analisis rencana keuangan. Pada penjelasan kali ini kita akan membahas itu semua dari awal hingga akhir. Tentang apa saja sudah saya sebutkan sebelumnya. Pertama pasti kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu bisnis, simak penjelasan berikut.

1. Deskripsi Bisnis

Bisnis merupakan sekumpulan barang atau jasa yang akan diperjual belikan oleh individu yang membutuhkannya. Menurut Hadion Wijoyo bisnis adalah menyediakan barang atau jasa guna untuk kelancaran sistem perekonomian. Dalam arti lain bisnis juga bisa dikatakan kegiatan yang menghasilkan barang dan jasa kehidupan sehari-hari. Singkatnya, konsep bisnis mencakup 4 aspek yaitu memproduksi barang dan jasa, menghasilkan laba, berbisnis dan memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat.

2. Strategi pemasaran

Setiap strategi pemasaran harus mempunyai segmentasi guna mencapai target konsumen potential. Hal tersebut dapat memudahkan perusahaan agar fokus dengan permintaan kelompok. Setelah Segmentasi sudah kita lakukan maka selanjutnya ke tahap Bauran Marketing yang terdiri dari Product, Price, Promotion, dan Placement.

  • Product
- Direct Selling atau penjualan langsung merupakan jenis strategi pemasaran dimana penjual akan menjual secara langsung produknya kepada konsumen atau bisa juga melalui door to door. Penawaran barang dilakukan di sana dengan mengandalkan kemampuan persuasif. kelebihan dari strategi ini yakni modalnya yang tidak perlu besar, sehingga cocok untuk bisnis yang tidak memiliki modal besar. 

- Internet Marketing

Caranya dengan memasarkan produk kita ke sosial media seperti Instagram, Facebook, Website, dan Email marketing. Jenis strategi pemasaran ini akan berjalan dengan lancar jika anda dapat membuat konten yang menarik pembeli. 

  • Price 
Pastinya dalam membangun bisnis kita ingin mendapatkan keuntungan yang sesuai terget. Jadi harga yang di tawarkan kepada khalayak harus sesuai dengan target pasar. Selain menentukan harga perusahaan juga harus merancang sejumlah strategi yang berkaitan dengan harga. Misalnya pemberian potongan harga, Free ongkos kirim, Seberapa jauh perbedaan harga antara produk atau jasa perusahaan dengan kompetitor, serta perkiraan keuntungan yang akan didapat.

  • Promotion

Promosi adalah unsur yang digunakan untuk memberi tahu serta membujuk pasar agar membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan perusahaan. Strategi pemasaran 4p ini bisa dilakukan lewat iklan, promosi langsung, atau bentuk lainnya yang dianggap sesuai dengan karakteristik produk atau jasa.

  • Placement

Pemilihan tempat untuk mengelola saluran perdagangan yang digunakan untuk menyalurkan produk atau jasa. Distribusi juga termasuk pengembangan sistem pengiriman serta perniagaan produk secara fisik. Selain penyaluran distribusi, place juga bisa berarti pemilihan lokasi pemasaran produk atau jasa. Misalnya pemilihan tempat yang strategis dan banyak dikunjungi masyarakat.

3. Analisis Persaingan

-Mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan bisnis

-Memhami pasar bisnis

-Memantau tren industri 

-Menetapkan tolak ukur untuk pertumbuhan masa depan

4. Rencana Desain Dan Pengembangan

Pada tahan ini kita harus mengetahui terlebih dahulu produk seperti apa yang ingin kita pasarkan misal usaha kecantikan maka kita harus mencari keunikan yang meningkatkan ketertarikan terhadap customer. contohnya: setiap customer yang membelikan produk skincare maka akan mendapatkan pouch gratis atau bermain game spinner. yang mana cara kerjanya apabila customer memutar spin tersebut maka, customer akan mendapatkan hadiah sesuai spinner itu berhenti.

- Selanjutnya ada target pasar, kita menjualkan produk kencatikan maka target pasarnya adalah perempuan, umur: 14- 30 tahun, berpenghasilan menengah, dst. sesuai dengan ketentuan produk yang kita pasarkan.

- Lokasi Usaha, Lokasi yang strategis menjadikan peluang usaha produk yang kita jualkan dapat diketahui banyak orang. maka dari itu, mencari lokasi sangat lah penting guna pengembagan bisnis kita agar melesat. Selain itu, buatlah tempat usaha kita unik berbeda dengan toko lain sebagai alat pemancing pelanggan yang datang.

5. Rencana Operasi dan Manajemen

Rencana yang berorientasi pada detail serta spesifik dan mampu mendefinisikan bagaimana sebuah tim berkontribusi untuk mencapi tujuan perusahaan. melalui rencana operasional  anda bisa menguraikan tugas dan tanggung jawab setiap harinya oleh keryawan dan manager. Sebuah rencana operasional  perlu menjawab pertanyaan seperti berikut ini:

  • Apa strategi atau tugas yang perlu diselesaikan?
  • Siapakah individu yang bertanggung jawab atas tugas dan strategi tersebut? 
  • Kapan setiap tugas dan strategi perlu diselesaikan.
  • Mengapa rencana operasional itu penting?
Dengan adanya rencana operasional juga bisa membantu anda untuk mengidentifikasikan area yang tidak menghasilkan pendapatan yang cukup sehingga bisa saja menyebabkan kerugian. untuk itu dengan adanya rencana operasional maka anda nantinya bisa merumuskan sebuah perubahan yang mungkin saja diperlukan.

Isi dan rencana operasional bisnis plan sebagai berikut ini:

  • Kegiatan yang ingin disampaikan
  • Tujuan yang jelas
  • Standar kualitas
  • Hasil yang diinginkan
  • Persyaratan kepegawaian dan sumber daya
  • Proses untuk memantau kemajuan
  • Jadwal pelaksanaan

6. Analisis Rencana Keuangan

Upaya yang dilakukan untuk mengevaluasi  kelangsungan bisnis, sub-bisnis, stabilitas hingga profitabilitas perusahaan. Upaya ini dilakukan oleh seorang profesional dengan menggunakan informasi yang didapatkan dari laporan keuangan dalam bentuk rasio.

Tujuan analisis keuangan yaitu:

- Fokus Laporan

- Prediksi

- Penguasaan Akuntansi

Kesimpulan:

Mengapa rancangan bisnis sangat penting bagi seorang wirausaha? sebab semua pembisnis pasti menginginkan usahanya berjalan dengan lancar dan mencapai goals. Untuk itu menjalankan sebuah bisnis pastinya kita perlu membuat rancangan bisnis guna mengetahui tujuan dan antisipasi terjadinya kegagalan. Pertama pasti kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu bisnis, simak penjelasan berikut.

Deskripsi Bisnis

Bisnis merupakan sekumpulan barang atau jasa yang akan diperjual belikan oleh individu yang membutuhkannya. Dalam arti lain bisnis juga bisa dikatakan kegiatan yang menghasilkan barang dan jasa kehidupan sehari-hari.

Strategi pemasaran

Setelah Segmentasi sudah kita lakukan maka selanjutnya ke tahap Bauran Marketing yang terdiri dari Product, Price, Promotion, dan Placement.

Product

Penawaran barang dilakukan di sana dengan mengandalkan kemampuan persuasif. kelebihan dari strategi ini yakni modalnya yang tidak perlu besar, sehingga cocok untuk bisnis yang tidak memiliki modal besar.

Jenis strategi pemasaran ini akan berjalan dengan lancar jika anda dapat membuat konten yang menarik pembeli.

Placement

Pemilihan tempat untuk mengelola saluran perdagangan yang digunakan untuk menyalurkan produk atau jasa. Misalnya pemilihan tempat yang strategis dan banyak dikunjungi masyarakat.

Rencana Operasi dan Manajemen

Rencana yang berorientasi pada detail serta spesifik dan mampu mendefinisikan bagaimana sebuah tim berkontribusi untuk mencapi tujuan perusahaan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisa SWOT Pada Bisnis Jasa Layanan Pengantaran (Delivery Service)