Analisa SWOT Pada Bisnis Jasa Layanan Pengantaran (Delivery Service)

 

Pandemi Covid-19 memang berdampak signifikan terhadap kelangsungan usaha dan berpeluang membawa perubahann bisnis ke depan, terutama pada perilaku dan konsumsi konsumen. Namun, bekerja dan menjalankan bisnis dari rumah (WFH) bukan berarti anda bisa bersantai . Tentu saja, bagi pemula atau trader profesional , perusahaan tetap perlu beroperasi secara efisien untuk bertahan, apalagi masa social distancing ini menjadi peluang untuk menyempurnakan strategi bisnis. Hal ini menekankan pentingnya perilaku konsumen dan identifikasi konsumen dalam produksi barang yang dibutuhkan oleh masyarakat. Selain itu, juga menjadi pendorong berkembangnya industri digital kreatif. Tetapi banyak bisnis yang berhenti di tengah jalan akibat analisa SWOT-nya kurang maksimal maka dari itu pada penjelasan kali ini saya akan memberikan contoh SWOT pada bisnis jasa pelayanan. 


BISNIS JASA LAYANAN PENGANTARAN (DELIVERY SERVICE)

Popularitas jual beli online semakin meningkat, yang berarti layanan pengiriman juga menjadi semakin penting. Ini bisa menjadi peluang yang menjanjikan jika dikelola dengan baik. Maka tak heran jika semin banyak orang yang tertarik dengan cara memulai bisnis delivery atau franchise. Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini kita telah memasuki era digitalisasi. Banyak kegiatan yang dilakukan secara online, termasuk berbelanja. Belanja online dinilai lebih nyaman karena tidak perlu datang langsung ke toko, tinggal menunggu dan barang akan dikirim ke rumah anda. Di sisi lain, meningkatnya aktivitas jual beli online juga meningkatkan kebutuhan pengiriman barang. Oleh karena itu, membuka perusahaan jasa layanan bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjkan.

ANALISA SWOT TERHADAP BISNIS DELIVERY SERVICE

Analisis SWOT sebagai perencanaan strategis dan teknik pemecahan masalah yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari , terutama untuk kebutuhan atau proyek bisnis tertentu. Metode ini menenkankan pentingnya peran faktor internal dan eksternal dalam mengembangkan strategi untuk membentuk ide dan memecahkan masalah secara efektif. Merencanakan strategi atau menganalisis suatu masalah, khususnya  dalam bisnis, akan lebih mudah ketika kita menemukan cara yang tepat untuk menganalisisnya. Dengan menggunakan  perencanaan strategis dan metode pemecahan masalah yang tepat maka akan lebih mudah untuk menyelesaikan masalah yang kita hadapi. Salah satu cara terbaik yang dapat kita gunakan adalah dengan menggunakan metode yang disediakan oleh langkah-langkah analisis SWOT. Sebagai berikut:



1. Strategi SO

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya bahwa bisnis delivery service sangat menguntungkan di era digital saat ini. sebab banyak sekali small business yang bertebaran mulai dari usaha bahan pokok sampai aksesoris. maka dari itu peluang ini sangat menguntungkan bagi bisnis delivery service.

2. Strategi WT

mungkin kelemahan yang dirasakan para bisnis ini adalah ketika ada kesalahan dari pengirim seperti salah penulisan alamat dan barang yang mudah pecah tapi tidak dibungkus safety maka yang disalahkan delivery servicenya karena dianggap tidak profesional. tetapi dari hal itu delivery service bisa mengembangkan pelayanannya dengan cara make sure ke customernya. sehingga ketika ada kesalahan customer tidak bisa complain.

3. Strategi ST

karena faktor pengiriman yang agak riskan maka delivery service bisa menyediakan packing kayu, bubble wrap, dan stiker fragile untuk menandakan barang mudah pecah.

4. Strategi WO

pada saat income penjualan menurun atau memanfaatkan season seperti natalan. maka kita bisa memberikan diskon akhir tahun 10% begitupun ketika hari lebaran. jadi ketika customer tidak lancar mengirim barang karena penjualan mereka pun mengecil karena beberapa hal. maka bisa kita pertimbangkan hal ini untuk meningkatkan penjualan.


  • Strengths
tempatnya yang strategis sehingga mudah dijangkau banyak orang seperti lahan parkir yang luas, tempatnya dipinggir jalan. serta pelayanan yang harus lebih diprioritaskan sehingga customer merasa nyaman dan akan melakukan repeat order. harga yang juga relatif sama dengan kompetitor sehingga tidak ada kesenjangan dalam persoalan harga.

  • Weaknesses

seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa kelemahan dari delivery service yaitu terdapat pada customernya yang suka membuat kesalahan sehingga nama usaha kita yang terkena imbasnya menjadi buruk.
  • Opportunities
lokasi yang dekat dengan pemukiman warga seperti perumahan, pasar, akses jalan kemana saja, dan plang/banner usaha yang dapat mention orang ketika ia lewat di jalan. selain itu, sekitar lokasi situ tidak ada pesaing bisnis yang sama.

  • Threats
ancaman bagi delivery service yaitu banyaknya kompetitor yang membuka usaha dekat dengan lokasi kita berdiri sehingga membuat customer mudah pindah apabila kita melakukan sedikit kesalahan atau pelayanan yang lama example: ngantri yang panjang membuat customer malas menunggu akhirnya ia ke kompetitor sebelah. dan munculnya juga harga lebih murah dari harga pesaing .










Komentar